Pages

Jumat, 29 November 2013

health.detik
Detik.com sindikasi 
Get consumer insights

Are consumers aware of your brand? Do they prefer your competitor? Get the answers from SurveyMonkey Audience. We have the insights you need to make better decisions
From our sponsors
Mengenal Sirosis Hepatik, Penyebab Perut Bayi Akilah Membengkak
Nov 29th 2013, 03:33

Jakarta, Akilah, seorang bayi 10 bulan tengah dirawat di RSCM akibat sirosis hati yang membuat perutnya membengkak. Hasil pemeriksaan, bayi ini mengidap atresia bilier, penyakit langka yang dulu pernah merenggut nyawa bayi Bilqis.

"Kondisinya sudah agak mendingan, perutnya sudah lebih kecil dan sekarang sudah mendapat ruang di bedah anak," kata Tri Setyo, ayah Akilah Janeta Putri, saat ditemui di kontrakannya, di tepi Kali Ciliwung, tak jauh dari RS Cipto Mangunkusumo, Kamis sore (28/11/2013).

Diberitakan detikHealth sebelumnya, perut Akilah sempat membengkak hebat hingga mencapai diameter 62 cm. Ia didiagnosis mengalami sirosis hepatis atau pengerasan hati, dan hasil pemeriksaan terbaru yang ditunjukkan Tri Setyo menunjukkan bayi malang ini mengidap atresia bilier.

Pada kasus sirosis atau pengerasan hati, atresia bilier yang mulai banyak dikenal setelah ada gerakan Koin Cinta untuk Bilqis sekitar tahun 2010, merupakan penyebab rusaknya susunan hati. Dampaknya, pembuluh darah terjepit dan terjadi peningkatan tekanan pada vena porta, yakni pembuluh darah di hati yang mengangkut sari-sari makanan dari usus.

"Kondisi ini kita sebut hipertensi portal," kata dr Hanifah Oswari, SpA(K), konsultan gastroenterohepatologi (hati dan saluran cerna) anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yang banyak menangani pasien anak dengan atresia bilier.

Dijelaskan dr Hanifah, ada 2 kemungkinan yang menyebabkan perut membesar seperti yang dialami Akilah. Kemungkinan pertama, tekanan pada pembuluh darah vena porta yang ada di hati akan membuat cairan keluar dan mengisi perut.

Kemungkinan lainnya, tekanan yang tinggi pada pembuluh darah vena porta ini tadi membuat darah dari limpa masuk ke hati.

Tentu saja, atresia bilier bukan satu-satunya penyebab sirosis hati. Radang hati akibat infeksi virus hepatitis B dan C maupun perlemakan hati (fatty liver) akibat banyak mengonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan hari mengeras. Namun pada anak, sirosis lebih banyak disebabkan oleh atresia bilier.

"Cepat sekali prosesnya. Hanya dalam 3 bulan, atresia bilier sudah bisa menyebabkan sirosis," kata dr Hanifah.

(up/vit)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
102823_131129_akilahfbtri.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions