Pages

Kamis, 20 Februari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Creating iOS Games: Beginner Course

Marin Todorov teaches you how to create an iPhone game easily and simply using Cocos2d in this $99 online course.
From our sponsors
Sistem Rujukan BPJS, Memang Harus Ribet atau Ada Solusi Lain?
Feb 20th 2014, 06:30

Jakarta, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menanggapi keluhan soal sistem rujukan BPJS yang dinilai berbelit-belit. "Kalau nggak mau ribet, ya bayar sendiri," kata Chazali Situmorang, Ketua DJSN. Waduh, kok galak?

Menurut Chazali, ribet atau berbelit-belit yang dikeluhkan masyarakat terkait sistem rujukan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan disebabkan oleh 2 faktor. Pertama adalah sistem pelayanannya yang belum bagus, yang kedua masyarakatnya tidak mau antre.

Chazali menekankan kesan berbelit-belit atau bertele-tele lebih banyak dipicu oleh keengganan masyarakat untuk antre di layanan primer seperti Puskesmas. Jika itu masalahnya, maka yang harus diatasi adalah panjangnya antrean di layanan primer.

"BPJS belum menerapkan pola distribusi yang pas, yakni membuka seluas-luasnya kesempatan bagi klinik yang mau bergabung," kata Chazali dalam dialog dengan media di Hotel Akmani, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2014).

Dari potensi 30 ribu klinik dan layanan primer lainnya yang terdaftar di seluruh Indonesia, dikatakan Chazali baru sekitar 15 ribu yang bergabung dengan BPJS. Potensi ini mestinya dirangkul, agar tidak terjadi antrean di puskesmas.

"Solusinya kalau tidak mau ribet, buka seluas-luasnya kesempatan bagi klinik swasta yang mau bergabung," tegas Chazali.

(up/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
133218_chazalisitumorang.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions