Pages

Kamis, 27 Februari 2014

Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Fun with Brazilian Portuguese

Learn the tips and tricks to speak colloquial Portuguese in a natural and confident manner. Enroll today for just $69!
From our sponsors
Bermain Tetris Bisa Menyehatkan
Feb 27th 2014, 06:29

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Beberapa orang mengaku sulit menahan diri untuk tidak makan atau merokok saat sedang ngidam. Saat rasa itu muncul, sepertinya sulit untuk menahannya. Seorang profesor psikologi dari Plymouth University, Inggris, Jessica Skora, menemukan cara baru untuk mengalihkan ngidam, yaitu dengan bermain tetris.

Dalam penelitian ini, Skora dan timnya mencoba membuktikan teori elaborated intrusion theory, teori kognitif emosional ngidam pada makanan. Dengan tetris, otak akan lebih fokus pada visual, sehingga rasa ngidam akan berkurang.

Subyek yang mengalami ngidam diminta untuk bermain tetris selama tiga menit. Mereka juga boleh bermain atau memandang layar sedang memuat permainan yang sengaja dibuat lama oleh para peneliti. Hasilnya, mereka yang bermain tetris tercatat mengalami penurunan rasa ngidam 24 persen.

"Lamanya waktu ngidam biasanya hanya berlangsung beberapa menit saat seseorang memvisualkan apa yang mereka inginan. Dengan bermain tetris, waktu ngidam itu akan dialihkan dengan bermain tetris. Jadi setelah selesai, waktu ngidam sudah habis," kata Skora pada Medicalxpress.

Uji coba itu juga berlaku untuk perokok. Saat rasa ingin merokok muncul, sebaiknya alihkan dengan bermain tetris atau game lain yang menguji konsentrasi. Keinginan untuk merokok akan berkurang. Temuan ini membuktikan, selain menghibur, ternyata bermain tetris juga bisa bermanfaat untuk kesehatan.

RINDU P. HESTYA | MASHABLE

Berita Lain:
Jam Tangan Bergaya Retro dan Vintage 
Jenggot Ala Ryan Gosling Jadi Tren di New York
Hidup Sehat dengan Sarapan Pagi 
Tradisi Yee Sang di Froggy Edutography
Konsumsi ala Vegetarian Turunkan Tekanan Darah  

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions