Pages

Kamis, 20 Februari 2014

Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Compare Hotels

Find great prices for amazing hotels wherever your next destination may be. It's simple to search 100+ sites at once!
From our sponsors
Mengenal Sosok 'Ghost Writer'
Feb 20th 2014, 05:34

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Sudah menjadi rahasia umum bahwa seorang penulis buku ada yang menggunakan jasa ghost writer. Ghost writer atau penulis bayangan adalah orang yang menulis buku, artikel, teks, atau cerita untuk "penulis" aslinya. Belakangan ini, banyak selebritas, eksekutif, dan politikus yang dikabarkan menggunakan jasa penulis bayangan ini untuk tulisan yang akan diterbitkan.

Beberapa petinggi negara bahkan pernah dikabarkan menggunakan jasa penulis bayangan ini, salah satunya, tulisan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy. Meski sempat mengelak,  tulisan Kennedy berjudul Profiles In Courage yang memenangkan penghargaan Pulitzer-Prize ini ternyata ditulis oleh penulis pidatonya, Ted Sorensen.

Kemudian, internet pernah dihebohkan oleh kabar buku yang ditulis Barack Obama berjudul Dream from My Father. Tulisan initernyata ditulis oleh seorang pengikut paham kapitalis di Amerika Serikat, Bill Ayers.

Tugas si penulis bayangan biasanya akan menyunting naskah awal yang sudah dibuat si penulis asli. Bahkan, beberapa di antara mereka ada yang menulis keseluruhan tulisan dari awal.

Penulis bayangan biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mencari, menulis, dan mengedit naskah seperti yang diinginkan kliennya. Menurut Ghostwriter Ink, penyalur penulis bayangan profesional, biasanya penulis bayangan akan mendapatkan upah per halaman.  Atau, jika buku yang diterbitkan laku, mereka akan mendapatkan 6 persen dari seluruh keuntungan, menurut penerbit Madeleine Morel.

Sutradara Roman Polanski pernah memproyeksikan bagaimana seorang penulis bayangan bekerja dalam film The Ghost Writer. Perdana menteri yang diperankan oleh Pierce Brosnan bertanya pada si penulis bayangan, "Bagaimana cara kamu menulisnya?" Lalu si penulis bayangan menjawab, "Saya akan bertanya pada Anda,  jawab, dan saya akan mengubahnya menjadi prosa."

RINDU P HESTYA | THE TELEGRAPH | THE INDEPENDENT |AMERICAN THINKER

Berita Lain:
Nenek 84 Tahun Kandung Janin Selama 44 Tahun 
Kenapa Dasi Hitam Membuat Anda Jadi Lebih Tampan?
5 Keuntungan Mengurangi Konsumsi Daging
Lingkungan Mewah Picu Hidup Materialistis 
Jalan Kaki Bikin Otak Anda Berkembang

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions