Pages

Jumat, 21 Februari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Join Delanceyplace

Sign up to receive a free quote from a non fiction book every weekday.
From our sponsors
Kehilangan Testis Akibat Malapraktik, Puluhan Pria Inggris Menggugat
Feb 21st 2014, 03:30

Jakarta, Hampir 40 orang laki-laki di Inggris mendapatkan ganti rugi dalam 2 tahun terakhir. Mereka menggugat dokter dan rumah sakit yang terlanjur mengoperasi testisnya, namun setelah dikaji lagi ternyata tindakan itu tidak diperlukan.

Pada sebagian besar kasus, dokter mengoperasi testis dengan alasan sakit parah. Penyakit itu, menurut para dokter bisa dicegah seandainya penyakitnya tersebut terdeteksi lebih dini. Artinya, saat dioperasi sudah tidak ada pilihan lain.

Dalam salah satu kasus yang dinilai mengerikan, dokter mengoperasi testis yang salah. Begitu menyadari kesalahan tersebut, sang dokter kembali mengoperasi testis yang satunya lagi. Akhirnya pasien sama sekali tidak memiliki testis, dan tentunya mandul.

Salah seorang pasien yang tidak disebutkan namanya mengaku dirugikan setelah testisnya dioperasi di Salisbury District Hospital. Hanya 40 menit setelah operasi, tim dokter menyadari ada kesalahan. Testis yang sudah diangkat segera dibekukan, lalu buru-buru dipasang lagi.

"Saya pikir saya tidak mungkin punya anak lagi. Saya mengalami stres dan tekanan yang luar biasa," kata si pasien.

National Health Service (NHS) membayar rata-rata 20 ribu poundsterling (sekitar Rp 394 juta) setiap kali mengakui kesalahan yang menyebabkan monochrid (istilah untuk laki-laki yang hanya punya 1 testis). Namun ganti rugi bisa pula mencapai 70 ribu poundsterling (sekitar Rp 1,3 miliar) jika pasien sampai mandul.

Kadang-kadang, ganti rugi sebesar itu sudah mencakup biaya operasi plastik untuk memasang testis palsu.

(up/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
102558_operasi460ts.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions