Pages

Kamis, 03 April 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
The Best Way to Manage your Money.

Start using Mint today to set a budget, track your goals and do more with your money.
From our sponsors
Asupan Penting untuk Jaga Fungsi Otak & Saraf
Apr 3rd 2014, 10:14

Helmi Ade Saputra - Okezone
Kamis, 3 April 2014 17:14 wib
detail berita
Wanita Makan sehat (Foto: Google)
KEBIASAAN makan yang tidak baik, ditambah dengan penyerapan makanan yang kurang optimal dapat berperan pada masalah kognitif. Lantas, bagaimana cara untuk menjaga fungsi kognitif otak dan syaraf?

Pakar gizi medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc mengatakan bahwa salah satu cara terbaik untuk menjaga fungsi otak dan saraf adalah memberikan kedua organ tersebut zat gizi yang esensial. Zat gizi esensial ini terdapat pada beberapa makanan yang dapat dimasukkan dalam menu diet harian Anda. Pertama, makanan rendah lemak dan daging tanpa lemak, mengapa?  
"Makanan tinggi lemak meningkatkan kadar kolesterol yang menyumbat arteri dan mengurangi aliran oksigen ke otak," jelas Dr. Saptawati pada talkshow bertajuk "Gut-Brain Axis: Pencernaan Sehat Awal si Kecil Cerdas" di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (3/4/2014).
 
Sementara, Dr. Saptawati mengatakan bahwa daging rendah lemak merupakan sumber karnitin dan asam amino yang penting untuk pengembangan saraf. Selanjutnya, makanan yang baik untuk perkembangan fungsi otak dan saraf adalah gandum utuh dan kacang-kacangan.
 
Menurut Dr. Saptawati, makanan seperti roti, kacang, dan sereal mengandung lesitin yang digunakan oleh otak untuk membentuk asetilkolin, yaitu neurotransmitter yang penting. Selain itu, untuk fungsi otak dan saraf yang optimal, dibutuhkan juga asupan dari vitamin C, E, dan B kompleks.
 
"Vitamin C dan E mengandung antioksidan yang melindungi otak dari kerusakan dengan menetralisir radikal bebas dan mengurangi fungsi otak. Sementara vitamin B 12 dan asam folat dapat mencegah penurunan fungsi otak," tutupnya.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions