Pages

Kamis, 06 Februari 2014

Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Fun with Brazilian Portuguese

Learn the tips and tricks to speak colloquial Portuguese in a natural and confident manner. Enroll today for just $69!
From our sponsors
Perokok Cenderung Malas Berjalan
Feb 6th 2014, 03:04

Berita Terkait

TEMPO.CO, Brazilia - Sebagian kalangan menganggap perokok adalah orang bau, bahkan jorok. Kini ada lagi satu sebutan tak mengenakkan bagi perokok. Sebuah penelitian menunjukkan jika perokok adalah tipe pemalas.

Peneliti asal Brasil menemukan bahwa perokok adalah manusia yang kurang beraktivitas fisik dan kurang motivasi ketimbang bukan perokok. Peneliti juga menemukan perokok lebih cenderung mengalami gejala kecemasan dan depresi.

"Ini studi pertama yang menunjukkan penurunan tingkat obyektif kadar aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari perokok dewasa dibandingkan dengan bukan perokok," kata Karina Furlanetto, kepala peneliti dari State University of Londrina, Brasil, seperti dilansir Daily Mail, Rabu, 5 Februari 2014.

Dalam studinya, peneliti melibatkan 60 perokok dan 50 bukan perokok. Mereka diminta mengenakan pedometer minimum 12 jam sehari selama enam hari. Pedometer adalah alat untuk menghitung langkah kaki dalam sebuah perjalanan.

Hasilnya mengungkapkan perokok ternyata orang yang kurang banyak melangkah setiap harinya. Bukan cuma itu. Fungsi paru-paru mereka juga menurun. Kata peneliti, ini memberi makna bahwa mereka kurang melakukan aktivitas fisik.

Saat diminta menilai kesehatan terkait kualitas hidup mereka, para perokok melaporkan perasaan bahwa mereka sering kelelahan dan kurang termotivasi mengubah gaya hidup. Menurut Karina, selain menunjukkan buruknya fungsi paru-paru, kapasitas aktivitas fisik, kualitas hidup, gejala kecemasan, dan depresi, perokok juga kurang melangkah dibanding bukan perokok dalam keseharian mereka.

Penelitian sebelumnya juga mengungkapkan bahwa perokok mengalami kurang tidur dan tidur mereka kurang nyenyak ketimbang bukan perokok.

AMIRULLAH | DAILY MAIL

Berita Lain:
Tertarik Diet Buah? Ini Dua Syaratnya
Adjie Notonegoro Hadirkan Fashion Show 1920-an
Transplantasi Ginjal dengan Teknik Laparoskopi
Kanker Bukan Hal Tabu  

 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions