Pages

Kamis, 20 Februari 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Ready to move beyond the basics?

Enroll in this advanced DSLR course to explore more creative scenarios, image editing, and videography.
From our sponsors
Waspadai Gangguan Hipoglikemia pada Bayi
Feb 20th 2014, 04:25

HIPOGLIKEMIA adalah kondisi dimana kadar gula dalam darah menurun atau kurang dari 47 mg/dl. Pada bayi baru lahir dengan beberapa risiko tertentu, hipoglikemia memang menjadi suatu masalah yang besar - bahkan dapat berakibat fatal.

Penurunan kadar gula darah yang serius dapat menyebabkan kejang, gangguan perkembangan dan pertumbuhan, serta gangguan pada organ-organ vital, bahkan kematian. Namun, pada kondisi tertentu tidak semua bayi berisiko hipoglikemia, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

Penyebab

Glukosa merupakan salah satu karbohidrat terpenting yang diperlukan untuk pembakaran sel dan jaringan dalam tubuh. Jika bayi tidak memiliki gula darah dalam tubuh maka tubuhnya tidak bisa melakukan proses metabolisme. Bayi membutuhkan glukosa sebagai energi dan sebagian besar untuk otak. Sebelum bayi lahir, bayi mendapatkan glukosa dari ibu melalu plasenta. Setelah lahir, ia akan mendapatkannya dari air susu ibu (ASI).

Hipoglikemia bisa terjadi bila terlalu banyak insulin (hormon yang menarik glukosa dari dalam darah) di dalam darah, atau, bayi tidak menghasilkan glukosa sesuai dengan kebutuhannya. Kadar insulin yang tinggi menyebabkan kadar gula darah menurun dengan cepat pada jam-jam pertama kehidupan bayi setelah dilahirkan, sehingga aliran gula dari plasenta secara tiba-tiba terhenti.

Risiko

Hipoglikemia biasanya cenderung terjadi pada:

-Bayi Prematur. Glukosa berupa glikogen baru terbentuk pada trimester ke-3 kehamilan, sehingga bila bayi lahir terlalu awal maka persediaan glikogennya ini terlalu sedikit dan akan lebih cepat habis terpakai.
- Bayi PJT (pertumbuhan janin terhambat yang beratnya di bawah 2,5 kg)
- Bayi yang Lahir dengan Berat > 3,5 kg. Karena terbiasa dengan kadar gula darah yang tinggi selama di dalam kandungan, maka begitu lahir, bayi secara otomatis harus menyesuaikannya lagi. Namun, terkadang bayi dengan ukuran tubuh besar tidak mampu untuk menyesuaikan kadar gulanya dalam waktu cepat sehingga terjadilah hipoglikemia. Biasanya hipoglikemia terjadi pada awal kehidupan dan pada usia sejam setelah bayi dilahirkan pun ia bisa mengalami hipoglikemia. Oleh karena itu, untuk bayi dengan ukuran lahir besar memang harus dimonitor dan jangan sampai hipoglikemia ini tidak terdeteksi.
- Bayi dari Ibu Penderita Diabetes. Sejak dalam kandungan, bayi sudah terbiasa mengeluarkan insulin kadar tinggi untuk mengatasi tingginya kadar gula dalam darah ibu. Ketika ia lahir, maka ia tidak lagi mendapat asupan gula dari ibunya, tetapi mekanisme sekresi (pengeluaran) hormon insulinnya belum bekerja dengan baik sehingga kadar gula darah bayi turun drastis.
- Bayi sakit. Misalnya bayi yang napasnya tidak normal sehingga ia membutuhkan bantuan oksigen setelah dilahirkan.
- Bayi dengan infeksi. Misalnya, air ketuban pecah sebelum waktu kelahiran.
- Bayi demam saat menunggu diberikan ASI pada hari pertamanya.
- Bayi yang mengalami stres selama kehamilan atau persalinan. Misalnya, ibu hamil dengan hipertensi. Setelah kelahiran, bayi mempunyai kecepatan metabolisme yang tinggi dan memerlukan energi yang lebih besar dibandingkan bayi lain.

Gejala

Kebanyakan bayi dengan hipoglikemia tidak menunjukkan gejala apa pun. Tiba-tiba kadar gulanya turun begitu saja. Tetapi, ada juga beberapa bayi yang menunjukkan gejala, seperti:
- Sesak, atau napas tidak teratur
- Bayi terlihat lemas dan lesu
- Tidak bisa mengisap puting ibunya
- Warna kulit pucat atau kebiruan
- Untuk hipoglikemia yang parah akan menimbulkan kejang pada penderitanya
- Pada kondisi yang ringan kadang bayi hanya terlihat diam saja sehingga tidak ketahuan ia mengalami hipoglikemia (ind)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions