Pages

Sabtu, 15 Februari 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Compare Hotels

Find great prices for amazing hotels wherever your next destination may be. It's simple to search 100+ sites at once!
From our sponsors
Benarkah Katarak Itu Menular?
Feb 15th 2014, 09:59

BANYAK masyarakat saat melakukan operasi katarak untuk mata sebelah kanan, tak lama kemudian mata kirinya akhirnya dioperasi juga. Mereka beranggapan bahwa mata sebelahnya tertular dari mata katarak yang sebelumnya sudah dioperasi. Benarkah demikian?

"Katarak itu tidak menular. Hal yang banyak terjadi banyak orang itu, akibat kecanduan saja akibat operasi sebelumnya," kata Dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM, dokter mata yang menjabat sebagai Direktur Medik Jakarta Eye Center, dalam acara yang bertema Press Conference :Celebrating the 30 Anniversary of Jakarta Eye Center, di The Ritz- Carlton, Jakarta, Sabtu, (15/2/2014).

Perlu diketahui, kata dia, gradasi antara mata kiri dan kanan itu berbeda dan ada yang tebal dan tipis. Saat penuaan umur membuat katarak muncul, pasti ada sebelah mata, entah itu kiri atau kanan, lebih cepat lensa mata ditutupi selaput yang membuat fungsi penglihatan menurun.

Kemudian penderita memutuskan untuk operasi, saat sembuh pasti dia akan merasakan mata yang bekas dioperasi itu penglihatannya jernih. Dan pada saat itu, ia jadi tidak puas dengan penglihatan mata sebelahnya. Karena tak puas, padahal selaput yang menutupi lensa baru sedikit atau tipis, mereka akhirnya jadi minta dioperasi. Jadi, menurut dia, itulah yang membuat seseorang melakukan operasi katarak mata sebelahnya, bukan karena katarak bisa menular ke mata sebelahnya.

"Sebagai contoh saja, misalkan mata kanan Anda kena katarak. Dan Anda melakukan operasi, pandangan mata yang dioperasi pasti akan lebih jernih dibanding mata kiri. Saat diri Anda tidak puas atas penglihatan mata kiri, akhirnya banyak orang melakukan operasi. Dan itu bukan karena faktor menular, tapi kecanduan dari operasi sebelumnya," tutupnya. (ind)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions