Pages

Rabu, 19 Februari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Join Delanceyplace

Sign up to receive a free quote from a non fiction book every weekday.
From our sponsors
Catat! Ini Penyakit-penyakit yang Sering Menyerang Anus
Feb 19th 2014, 05:00

Jakarta, Meski letaknya di bagian belakang, tak terlihat dan hanya digunakan untuk mengeluarkan limbah dari dalam tubuh manusia, nyatanya anus bukanlah organ yang bisa disepelekan. Justru bila terjadi gangguan pada anus, kondisi kesehatan seseorang bisa terancam.

Agar dapat diantisipasi, setiap orang harus tahu berbagai jenis penyakit yang seringkali kedapatan menyerang anus. Apa sajakah itu?

"Selain wasir atau ambeien, penyakit lain yang dapat menyerang anus antara lain infeksi di sekitar lubang anus, abses, ada nanah nanti di anusnya. Kemudian lama-lama bakteri bikin lobang yang digerogotin dari lubang samping anus sampai lubang anus dan jadilah fistula," ungkap konsultan bedah digestif dan laparoskopi dari RSUP Persahabatan Jakarta dan RS Premier Bintaro, dr Errawan Wiradisuria, SpB-KBD, M.Kes., ketika dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (19/2/2014).

1. Fisura anus atau yang sering disebut dengan fisura anorektal, adalah robekan pada lapisan lubang anus (anoderm). Fisura kebanyakan terjadi karena tinja yang keras dan menyebabkan luka pada anus ketika Anda buang air besar.

Terkadang, fisura anus juga bisa muncul karena diare yang berkepanjangan, penyakit usus inflamasi atau penyakit menular seksual yang melibatkan daerah anorektal. Fisura anus biasanya berupa luka ringan, tetapi dapat berkembang menjadi kronis jika robekannya semakin panjang hingga mengekspos permukaan otot yang mendasarinya.

2. Abses anus
Abses anus adalah bengkak menyakitkan di dekat anus yang dapat berisi nanah. Kebanyakan abses anus tidak berhubungan dengan masalah kesehatan lainnya dan muncul secara spontan dengan penyebab yang tidak jelas.

Abses ini terbentuk dari kelenjar anal kecil, yang membesar dan menyebabkan infeksi di bawah kulit. Hal ini seringkali terjadi pada orang dewasa yang berusia antara 20 hingga 40 tahun dan lebih banyak terjadi pada pria dibanding wanita. Kebanyakan abses anus terletak dekat dengan pembukaan anus, dekat dengan usus yang dekat dengan anus, atau pinggul.Next

Halaman 1 2
(up/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
120244_080354_bokong2ts.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions