Pages

Kamis, 03 April 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Mobile App Design from scratch.

A step by step guide to learn how to design a great mobile app.
From our sponsors
Tak Cuma Otak, Saluran Cerna Juga Bisa Bikin Anak Jadi Cerdas Lho
Apr 3rd 2014, 07:45

Jakarta, Jika biasanya orang tua hanya memperhatikan asupan nutrisi untuk mengoptimalkan kesehatan otak, maka mulai kini saluran cerna harus mendapat perhatian lebih. Ya, sistem tubuh yang satu ini rupanya turut membantu proses perkembangan anak untuk menjadi cerdas.

"Saluran cerna anak perlu dijaga untuk mendukung pertumbuhan otak yang optimal. Sebab pertumbuhan otak anak merupakan salah satu hal yang paling menentukan dalam tumbuh kembangnya," papar Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak RSUD Dr Soetomo, Dr dr Ahmad Suryawan, SpA(K), dalam acara diskusi 'Gut Brain Axis: Pencernaan Sehat si Kecil Cerdas', yang diselenggarakan di Hotel Gran Melia, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Menurut dokter yang akrab disapa Dr Wawan ini, usia 0-6 tahun merupakan periode kritis (golden moment) bagi perkembangan otak seorang anak. Anak berusia 2 tahun bahkan sudah memiliki 80 persen otak orang dewasa, sedangkan anak usia 2-6 tahun memiliki 95 persen otak orang dewasa.

Dengan demikian, orang tua perlu memahami bahwa 6 tahun pertama kehidupan merupakan periode yang menentukan keberhasilan tumbuh kembang jangka panjang anak. "Untuk mendapatkan pertumbuhan otak yang optimal, orang tua dapat memulainya dengan menjaga saluran cerna anak," ujar Dr Wawan.

Saluran cerna yang sehat sangat mempengaruhi kerja otak, begitu juga sebaliknya. Komunikasi dua arah antara otak dan saluran cerna ini disebut gut-brain axis. Dr Wawan memberi contoh, bahwa pada anak yang sedang gugup menghadapi ujian sekolah biasanya akan merasa mual.

"Saluran cerna tidak hanya berfungsi untuk menampung nutrisi, tetapi juga mampu mempengaruhi sinyal di otak melalui mikrobiota usus," terangnya.

Sependapat dengan Dr Wawan, pakar gizi medik dari FK UI, Dr dr Saptawati Bardosono, MSc, juga mengungkapkan pentingnya menjaga kesehatan saluran cerna anak terhadap perkembangan otak. Sebab dengan saluran cerna sehat, anak dapat menyerap nutrisi secara optimal dan menggunakannya untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan otak yang optimal.

(ajg/vta)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
144622_img2014040302133.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions