Pages

Rabu, 19 Februari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Mobile Game Development Course

Learn how to create awesome HTML5 games that run on iPhone, iPad, Android and Desktop! Sign up today for this $99 online course.
From our sponsors
Kapan Wasir Harus Dioperasi?
Feb 19th 2014, 05:49

Jakarta, Wasir, atau yang lebih dikenal dengan ambeien, merupakan suatu kondisi di mana patologis membengkak. Akibat adanya peradangan haemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus tidak membantu kontrol pada saat manusia melakukan buang air besar (BAB).

Kesulitan BAB akibat wasir ternyata sebaiknya jangan dianggap remeh. Jika Anda merasakan sakit saat BAB, sebaiknya segeralah temui dokter. Tahukah Anda bahwa ternyata wasir juga membutuhkan penanganan operasi? Dalam kondisi seperti apa yang membuat pasien wasir harus dioperasi?

"Wasir itu memiliki grade, yaitu grade 1 hingga grade 4. Tidak semua penderita wasir itu harus dioperasi. Hanya penderita yang telah sampai ke grade 4 lah yang harus sampai pada penanganan operasi," tutur dr Ayu Yuni Andini, saat dihubungi detikHealth, Senin (17/2/2014).

Menurut dr. Ayu, tipe-tipe yang terdapat dalam penanganan yang wasir membuat tidak semua penderita wasir harus dioperasi. Tipe-tipe tersebut adalah tipe interna dan eksterna.

Jika penderita sudah sampai ke grade 4, sebaiknya memang harus dioperasi. Lalu, apa risikonya jika penderita wasir yang sudah sampai grade 4, tidak dioperasi? "Risikonya adalah pendarahan. Itu yang biasanya paling sering akan dialami penderita wasir," ujar dr Ayu yang merupakan dokter umum di Klinik Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Namun menurut dr Ayu, operasi yang dilakukan dalam menangani wasir ini bukanlah operasi besar, melainkan hanya sebatas operasi kecil saja. Maka, jika penderita yang sudah merasakan wasir namun takut untuk memeriksakan ke dokter dikarenakan takut apabila harus dioperasi, sebaiknya tidak perlu khawatir.

"Tidak perlu takut untuk memeriksanya. Lagipula kan belum tentu harus dioperasi. Kalau pun memang sudah parah dan harus dioperasi, operasinya hanya kecil saja kok," tutur dr Ayu.Next

Halaman 1 2
(vit/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
125147_wasirts.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions