Pages

Rabu, 05 Februari 2014

Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Ready to move beyond the basics?

Enroll in this advanced DSLR course to explore more creative scenarios, image editing, and videography.
From our sponsors
Tertarik Diet Buah? Ini Dua Syaratnya
Feb 5th 2014, 15:00

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta -Aktor Hollywood Ashton Kutcher pernah dirawat di rumah sakit akibat mengikuti pola fruitarian Steve Jobs, sang pendiri Apple. Ashton yang ingin mendalami karakter Job dalam film yang dibintanginya itu didiagnosa menghadapi masalah pankreas. Padahal, Ashton baru melakukan diet buah selama satu bulan, sedangkan Jobs secara konsisten sudah menjadi pelaku fruitarian—hanya memakan buah, kacang-kacangan dan biji-bijian, selama belasan tahun sejak 1985, tanpa masalah kesehatan yang berarti.

Apa yang membedakan Jobs dengan Kutcher? Dokter spesialis gizi medik Inge Permadi mengatakan ada dua hal yang perlu diperhatikan sebelum seseorang memutuskan untuk menjadi frutarian ataupun vegetarian. "Pertama, dia harus sadar betul soal asupan makanannya," ujar Inge kepada Tempo, Selasa, 4 Februari 2014.

Dengan menjadikan vegetarian ataupun fruitarian sebagai pola makan tetap, otomatis tubuh tidak akan memperoleh protein dan lemak hewani. Sehingga asupan makronutrien berupa protein, dan lemak harus dicari penggantinya. Inge menyarankan pelaku diet non hewani memakan berbagai macam jenis kacang-kacangan ataupun biji-bijian.

"Ini karena kandungan tiap jenis kacang dan biji-bijian berbeda, dan semuanya harus dikonsumsi secara berkala," kata dosen Universitas Indonesia ini. Diet frutarian dan vegetarian disarankan tidak dilakukan secara monoton, alias hanya memakan buah atau sayur dengan kandungan gizi yang sama. Inge menduga, Kutcher kurang cermat memperhatikan asupan makanannya selama diet buah.

Syarat kedua yang perlu diperhatikan adalah, kondisi tubuh dan riwayat medis. "Sebelum memulai, seseorang harus mengenal kondisi tubuhnya," ujar Inge. Ada baiknya mengenali setiap gejala tubuh sebelum memulai diet.

"Misalkan kalau sering pusing-pusing, harus dipastikan dulu penyebabnya apa," kata dia. Kondisi itu harus dikonsultasikan pada dokter, dan bisa ditindaklanjuti dengan pemeriksaan laboratorium.

Soal anomali yang terjadi antara Ashton Kutcher dan Steve Jobs meskipun keduanya sama-sama frutarian, Inge menyebut adanya faktor genetik. "Sangat mungkin Ashton, tidak tahu dia punya kelainan pankreas." Kelainan inilah yang membuatnya dilarikan ke rumah sakit karena tak kuat dengan pola makan fruitarian yang dikerjakan oleh Jobs.

Untuk itu, sebelum memulai diet, seseorang harus mengenal betul tubuhnya. "Kalau sampai tidak tahu, itu namanya tidak perhatian dengan kondisi tubuh," ujar Inge. Jika begitu, bisa saja diet berujung pada penyakit, padahal diet itu seharusnya bisa memperbaiki kesehatan.

SUBKHAN

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions