Pages

Jumat, 21 Februari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Microsoft Excel 2010 Training Course

Beginner / Intermediate self-paced online course of Microsoft's spreadsheet application. Enroll for just $99.
From our sponsors
Tak Hanya Bagus untuk Otak, Tetris Juga Bantu Konsisten pada Diet
Feb 21st 2014, 00:16

Jakarta, Diet akan gagal jika orang yang melakukannya tak tahan godaan. Hanya dengan membayangkan atau melihat makanan kesukaannya saja, diet seseorang bisa berantakan karena ia akan berupaya sekuat tenaga untuk mendapatkannya. Namun seorang psikolog menemukan cara mudah untuk menekan keinginan ini.

"Kita akan cenderung ketagihan pada makanan, rokok, atau obyek apapun karena memvisualisasikan atau melihatnya sehingga melakukan tugas visual adalah cara terbaik untuk menekan keinginan tersebut. Sebaliknya kegiatan seperti mendengar atau bicara tidak begitu efektif," tutur Jackie Andrade, profesor psikologi dari Plymouth University, Inggris.

Mengapa Andrade memilih tetris? Andrade dan timnya merasa permainan tetris adalah kombinasi sempurna untuk stimulasi visual dan tantangan. Permainan ini juga menyenangkan, sehingga partisipan takkan keberatan jika tetap memainkan tetris sampai ke luar lab.

"Sebenarnya tak harus permainan seperti tetris, tapi apapun yang bersifat visual. Dan tak perlu permainan yang membuat mental pemainnya 'tersiksa'. Hanya saja jika ada permainan yang seperti itu maka peluangnya lebih besar untuk menghambat craving seseorang," tegasnya seperti dikutip dari NBC News, Jumat (21/2/2014).

Andrade pun mengujicobakannya pada beberapa partisipan di lab. Awalnya mereka ditanya hal apakah yang biasanya membuat mereka merasakan craving atau ketagihan dan seberapa buruk kondisi ketagihan yang dialami partisipan jika mereka mengalaminya.

Kemudian tiap partisipan diminta duduk di depan sebuah komputer, yang satu menghadap ke layar kosong yang menjanjikan partisipan jika mereka akan dibukakan permainan Tetris, sedangkan pada partisipan lain di layar komputer mereka sudah langsung tersedia permainan tetris dan mereka tinggal memainkannya.

Di akhir percobaan, partisipan yang tak perlu menunggu untuk bisa bermain tetris dilaporkan mengalami penurunan craving hingga 24 persen lebih banyak daripada yang hanya diminta menatap ke layar. "Namun kami ingin mengetesnya langsung. Kami juga ingin membuat sesuatu yang sesimpel mungkin tapi bisa menghentikan ketagihan," tutup Andrade.

(lil/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
071751_diet3.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions