Pages

Kamis, 20 Februari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
The Ultimate Sports Fundraising Program

This $27 online course teaches fundraising approaches specifically for sports programs. Learn to raise money like the nation's top programs. Sign up today.
From our sponsors
Agar Tak Jadi Sarang Kuman, Begini Cara Meletakkan Kain Pel yang Benar
Feb 20th 2014, 01:31

Jakarta, Sepele tapi bermanfaat besar. Ya, meletakkan kain pel memang persoalan sepele. Namun jika dilakukan dengan benar maka akan memberi manfaat yang besar bagi kesehatan. Bagaimana meletakkan kain pel yang benar?

"Banyak orang yang menaruh kain pel menghadap bawah, padahal seharusnya kain pel ditaruh menghadap atas. Jika kain pel ditaruh di bawah, maka kain akan susah kering dan juga lembab, hal tersebut menyebabkan kain menjadi mengeluarkan bau yang tidak sedap," kata dr Amaranila Lalita Drijono, Sp.KK, dokter spesialis kulit Rumah Puan – Perempuan Clinic, saat hadir dalam acara Aksi Nyata Wipol dalam "Aksi Anti Kuman", dan ditulis pada Kamis (20/2/2014).

Mengepel adalah salah satu aktivitas yang terpenting yang dilakukan para warga yang rumahnya sempat direndam banjir. Menurut dr Amaranila, membersihkan rumah merupakan hal yang utama yang dilakukan pasca banjir. Karena jika tidak menjaga kebersihan lingkungan pasca banjir, maka berbagai jenis penyakit bisa menyerang anda, salah satunya adalah demam berdarah.

Sayangnya, masih banyak warga yang belum mengetahui bagaimana cara membersihkan rumah yang baik dan benar. Padahal kebersihan merupakan hal yang harus diperhatikan jika kita ingin menjaga kesehatan.

"Kebersihan dan kesehatan itu sejalan. Maka masyarakat harus diberikan pendidikan kebersihan dan kesehatan. Tidak bisa salah satu aja," ucap dr Amaranila.

Agar masayarakat mengerti benar kebersihan dan kesehatan, maka perlu diadakan pemberdayaan masyarakat mengenai kebersihan. "Manfaat dari pemberdayaan tersebut antara lain masyarakat diajak untuk bersih-bersih, masyarakat juga diajak untuk proteksi dan transformasi acknowledge, dan juga untuk memberitahukan warga bagaimana melakukan aksi bersih-bersih dengan benar," jelas dr. Jhon ST Marbun M. Kes, Kepala Bidang Penaggulangan Masalah Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, yang turut hadir dalam acara tersebut.

Ia menambahkan, walaupun tahun ini tidak ada lonjakan yang serius mengenai penyakit saat dan pasca banjir, tetapi masyarakat tetap harus menjaga kebersihan lingkungannya. Karena penyakit bersumber dari lingkungan sekitar warga itu sendiri.

(vit/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
083232_cewekpel.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions