Pages

Rabu, 25 September 2013

Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Want free Kindle ebooks?

Sign up to receive the best freebie Kindle ebook deals in your email every day.
From our sponsors
Pertolongan Pertama Serangan Jantung
Sep 25th 2013, 10:10

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Bila Anda menemukan seseorang tergeletak tak sadarkan diri, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan. Sebab, bisa saja orang tersebut terkena serangan jantung mendadak atau mabuk. Bila diberikan rangsangan, baik dipegang, diguncang, atau dicubit, orang tersebut tetap tidak sadarkan diri, kemungkinan besar orang itu mengalami serangan jantung mendadak.

Berikut ini tindakannya, seperti yang dipaparkan dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Rumah Sakit Harapan Kita, Daniel Tobing.

1. Panggil orang lain di sekitar Anda untuk membantu karena pertolongan pada henti jantung mendadak tidak dapat dilakukan sendirian.

2. Berikan segera CPR (Cardio Pulmonary Resuscitation) meliputi kombinasi pertolongan pernapasan mulut ke mulut dan penekanan pada dada untuk menjaga agar darah yang mengandung oksigen mengalir ke otak dan organ penting lainnya sampai penanganan medis lebih lanjut.

3. Penekanan dada harus dilakukan secara kencang dan cepat, yaitu 100 kali per menit. Penekanan dilakukan agak dalam sekitar 4-6 sentimeter.

4. Selama Anda melakukan CPR, orang yang membantu atau berada di sekitar Anda sebaiknya segera memanggil ambulans atau pertolongan medis lainnya. Ambulans dapat dihubungi pada nomor 118.

5. Berikan jalan napas dengan mengangkat kepala pasien sampai mengarah ke belakang, begitu pula dagunya. Pemberian jalan napas dilakukan setelah penekanan dilakukan dalam hitungan ke-30.

6. Berikan napas buatan (breathing), baik melalui mulut ke mulut, mulut ke hidung, mulut ke sungkup, atau menggunakan kantong pernapasan.

CHETA NILAWATY

Topik Terhangat

Mobil Murah | Kontroversi Ruhut Sitompul | Guyuran Harta Labora | Info Haji | Tabrakan Maut

Berita Terpopuler
Perhiasan Perpaduan Timur dan Barat
Perancang Busana APEC 2013 Masih Rahasia
Inspirasi Merah Para Pesohor di Emmy Award 2013
Jim Carrey Luncurkan Buku Anak

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions