Pages

Jumat, 27 September 2013

Liputan6 - RSS 0.92
Liputan6.com merupakan situs berita aktual, tajam, terpercaya yang dimiliki SCTV 
Ready to move beyond the basics?

Enroll in this advanced DSLR course to explore more creative scenarios, image editing, and videography.
From our sponsors
Bayi yang Diinkubator Bisa Mengalamai Kebutaan?
Sep 27th 2013, 08:53

Oleh Kusmiyati

Posted: 27/09/2013 15:30

Bayi yang Diinkubator Bisa Mengalamai Kebutaan?

Liputan6.com, Jakarta : Pernah dengar isu terkait bayi buta akibat inkubator? Jika iya, Anda harus mengubah pandangan. Karena menurut Spesialis Anak dan Konsultan Perinatologi RSPI-Pondok Indonesia, dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp. A (K) hal itu tidak benar.

Berita Terkait

"Bukan inkubator yang membuat bayi mengalami gangguan penglihatan atau buta, namun oksigen yang berada di dalamnya. Tetapi tidak perlu khawatir selama masih dimonitoring dengan baik oleh dokter, itu aman," ungkap dr, Rina, ditulis Jumat (27/9/2013).

Pada 1954, penelitian di Australia melaporkan angka kejadian Retinopathy of Prematurity (ROP) pada bayi prematur lebih tinggi trejadi pada bayi yang mendapat oksigen gratis dibandingkan yang membayar.

Pada pemakaian oksigen gratis dalam inkubator, jumlahnya tidak terkontrol sehingga timbul anggapan oksigen yang menjadi penyebab ROP.

ROP yaitu penyakit mata akibat pertumbuhan atau perkembangan retina yang tidak normal pada bayi yang prematur. Pertumbuhan retina normal adalah dari tengah, mulai dari saraf otak kedua menuju ke pinggir.

Semakin bertambah umur bayi, maka kelainan tersebut dapat hilang sendiri atau bisa juga berbahaya bila ada penonjolan pada mata.

Dengan adanya penelitian di Australia tersebut kini para dokter di dunia serentak mengurangi atau memonitor penggunaan oksigen dalam inkubator.

"Dokter kini memonitor penggunaan oksigen dengan benar dan juga adanya screening sehingga aman untuk bayi," tambah dr. Rina.

(Mia/Abd)

Berita Rekomendasi

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions