Pages

Jumat, 27 September 2013

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Want free Kindle ebooks?

Sign up to receive the best freebie Kindle ebook deals in your email every day.
From our sponsors
Kenali Gejala Kanker Pankreas, Perenggut Nyawa Mun'im
Sep 27th 2013, 05:01

AHLI forensik Mun'im Idries meninggal dikarenakan komplikasi penyakit yang dideritanya bertahun-tahun. Salah satu penyakit yang dideritanya ialah kanker pankreas.

Meski sudah menjalani operasi, Mun'im tetap tak terselamatkan. Dia pun menutup mata untuk selamanya, Jumat (27/9/2013).

Kenali gejala-gejala kanker tersebut agar bisa melakukan tindakan preventif sejak dini dan terhindar dari penyakit ganas tersebut.

Kanker pankreas sendiri merupakan segolongan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel tak terkontrol dan kanker pankreas terjadi ketika pertumbuhan sel yang tak terkendali dimulai di pankreas.

Kemudian, sel-sel yang abnormal terus membagi dan membentuk benjolan atau massa jaringan yang disebut tumor. Tumor kemudian mengganggu fungsi utama dari pankreas. Jika tumor berada di satu tempat dan menunjukkan pertumbuhan yang terbatas, umumnya di anggap jinak, seperti dilansir Medicalnewstoday.

Lebih lanjut, kondisi akan lebih berbahaya atau ganas saat tumor terbentuk ketika sel-sel bermigrasi ke bagian lain dari tubuh melalui darah. Ketika tumor berhasil menyebar ke bagian lain dari tubuh dan tumbuh, maka dia akan menyerang dan menghancurkan jaringan sehat lainnya. Proses ini sendiri disebut metastasis dan hasilnya adalah kondisi yang lebih serius yang sangat sulit untuk mengobati.

Mengenai gejala yang ditimbulkan, gejala kanker ini cukup bervariasi dan tergantung pada di mana kanker berada dan telah menyebar, serta seberapa besar tumor tersebut.

Kanker pankreas sering disebut penyakit "silent" karena jarang menunjukkan gejala awal dan menyajikan gejala yang tidak spesifik.

Tumor kanker pankreas biasanya terlalu kecil untuk menampakkan gejala. Namun ketika kanker tumbuh, gejala di antaranya ialah sebagai berikut.

- Nyeri di perut bagian atas karena tumor mendorong saraf.

- Menguningnya kulit dan mata, serta penggelapan urin disebut penyakit kuning. Ini terjadi ketika kanker mengganggu saluran empedu dan hati.

- Kehilangan nanfsu makan, mual, dan muntah.

- Penurunan berat badan yang signifikan

- Tinja acholic (tinja pucat atau abu-abu) dan  steatorrhea (kelebihan lemak dalam tinja)

Gejala-gejala kanker pankreas memiliki banyak penyebab lain, sehingga sulit untuk mendiagnosa penyakit sebelum masuk stadium lanjut. (ind)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions