Pages

Senin, 30 September 2013

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Manage your social media

Best social media tool for image publishing to Facebook and Twitter. Look amazing and delight your followers. Get 40% off when you sign up today.
From our sponsors
Perangi Gangguan Tekanan Darah Rendah dengan Cara Berikut
Sep 30th 2013, 14:09

ANDA merasa pusing, atau cepat lelah belakangan ini? Segeralah cek ke dokter, mungkin pelakunya karena tekanan darah rendah

Bila Anda mengalami tekanan darah di bawah kisaran normal 120 ( sistolik ) / 80 ( diastolik ), Anda berarti memiliki tekanan darah rendah. Terlebih, kondisi itu bisa membuat Anda mendadak pingsan karena aliran ke jantung, otak, organ vital lainnya berkurang.

Tak sebatas itu, pola makan yang buruk, kehilangan darah dan stres juga memicu seseorang mengalami tekanan darah. Kendati demikian tak usah cemas, sebab dengan perubahan gaya hidup yang tepat, Anda bisa mengontrol tekanan darah rendah.

Untuk mengetahui apa saja perubahan gaya hidup itu. Berikut ulasan menariknya, sebagaimana dilansir Magforwomen.

1. Makan makanan yang seimbang

Kekurangan nutrisi merupakan penyebab penting rendahnya tekanan darah seseorang. Oleh karenanya, konsumsilah makanan dengan gizi yang seimbang. Pastikan bahwa Anda mendapat kalori yang cukup, vitamin dan protein menu harian Anda. Untuk sarapan, makanlah oatmeal atau sereal gandum dan susu rendah lemak, sementara saat siang pilihlah beras merah ditambah dengan sayuran hijau dan ayam. Kemudian, Anda juga bisa mengonsumsi kacang atau salad sebagai camilan. Hal itu lebih baik untuk menghindari makanan berminyak atau pedas yang bisa memengaruhi proses pencernaan.

2. Minum cairan yang cukup

Untuk mengendalikan tekanan darah rendah, wajib menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sebab, saat Anda mengalami dehidrasi, viskositas darah meningkat dan sebagai hasilnya mempersempit pembuluh darah tekanan darah rendah dalam tubuh.

3. Meningkatkan asupan natrium Anda

Rendah sodium dalam tubuh akan berefek penurunan tekanan darah. Jadi, asupan sekira 10 gram natrium melalui suplemen atau minuman elektrolit membantu untuk mengontrol tekanan darah tetao normal.

4 . Minum jus bit

Minum segelas jus bit setiap hari bisa menjaga tekanan darah terus terkontrol. Hal itu bisa terjadi karena kandungan nitrat dalam bit akan dikonversi jadi oksida nitrat dalam tubuh. Di mana gas hasil pengkonversian itu akan memperlebar pembuluh darah membantu aliran darah. Sehingga tekanan darah rendah akan ditanggulangi secara otomatis.

5. Berolahraga secara teratur

Rendah tekanan darah bisa dikontrol sebagian besar dengan berolahraga secara teratur. Contoh olaharaganya, yaitu berjalan, jogging, berenang, dan latihan pernapasan. Di samping itu, berolahraga juga bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh. (ind)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions