Pages

Jumat, 21 Februari 2014

Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Book your hotel early for a discount!

You can reap the rewards with great discounts at participating Pullman, M Gallery, Grand Mercure, Novotel, Mercure, ibis and Formule 1 hotels.
From our sponsors
Veteran AS Ciptakan Alat untuk Luka Terbuka
Feb 21st 2014, 03:28

Berita Terkait

TEMPO.CO, Oregon – Ketika seorang tentara terluka di medan perang, pengobatan darurat bisa sama sakitnya dengan cedera itu sendiri. Seorang petugas medis harus memasukkan kasa langsung ke dalam rongga, terkadang dengan kedalaman 5 inci, untuk menghentikan pendarahan dari arteri.  

Pengobatan semacam ini penuh dengan risiko. Jika dalam waktu tiga menit darah belum juga berhenti mengucur maka proses itu harus diulangi lagi, dan tentunya dengan rasa sakit yag sama lagi. Banyak tentara yang akhirnya kehabisan darah dan tak bisa selamat.  

Berkaca dari pengalaman tersebut, seorang tentara veteran Amerika Serikat, John Steinbaugh, yang pensiun pada April 2012, memutuskan bergabung dengan sebuah kelompok yang berbasis di Oregon untuk menyelesaikan masalah itu. Bersama beberapa veteran, ilmuwan, dan insinyur lainnya, Steinbaugh mengembangkan XStat, sebuah perangkat untuk mengobati luka terbuka dengan cepat yang disiapkan bagi tentara di medan perang. 

XStat yang dikembangkan kelompok RevMedx ini menyerupai jarum suntik yang bisa menembakkan sebuah spons ke dalam jaringan luka. Dalam artikel Popular Science yang dipublikasikan pada 2 Februari 2014 disebutkan bahwa XStat bekerja dengan sangat cepat. Spons pada alat ini akan meluas dan mengisi seluruh rongga yang terluka hanya dalam waktu 15 detik. Spons ini akan menjaga luka tidak meluas dan mencegah pendarahan.  

Prototipe yang disajikan mantan petugas medis angkatan darat dan pasukan khusus ini langsung menarik hati US Army. Militer AS setuju memberikan dana US$ 5 juta untuk menyelesaikan penelitian produk yang mulai dikembangkan RedMedx sejak 2012 itu.

ANINGTIAS JATMIKA | POPULAR SCIENCE

Terpopuler
Rekayasa Sel T Dapat Sembuhkan Pasien Kanker  
5 Tanda Anak Mengalami Depresi
Ryan Reynolds Jadi Duta Kosmetik Prancis
Tiga Menteri Buka Indonesia Fashion Week 2014
Peluncuran Buku Trend Forecasting 2015
IFW 2014, Kental dengan Sentuhan Ramah 

 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions