TEMPO.CO , Beijing — Tahun baru Imlek tidak lengkap tanpa angpau. Tak mau ketinggalan dalam perayaan Imlek, sejumlah butik mewah menyediakan angpau mewah dengan desain khusus untuk merayakan Tahun Kuda Kayu. Amplop yang biasanya berwarna merah dengan tulisan huruf Cina, mendadak berubah dengan berbagai gradasi warna.
Angpau yang biasanya hanya berwarna merah polos menjadi semakin cantik, mana yang kamu suka," ujar Editor Vogue Cina, Angelica Cheung, seperti yang dilansir oleh Guardian, 28 Januari 2014 lalu. Angelica memajang foto angpau—atau ditulis juga dengan hongbao dalam bahasa Cina, di akun sosial media Sina Weibo miliknya. Dari foto itu, terlihat butik-butik sekelas Hugo Boss, Fendi, Celine, Gucci, Furla, Lancel dan lainnya merancang angpau dengan desain khusus.
Hugo Boss misalnya, berani menampilkan warna angpau yang berbeda dengan brand lainnya. Selain warna merah dan emas yang identik dengan Imlek, merek asal Jerman ini justru memilih variasi warna putih metalik, biru, biru laut, merah, kuning, hijau, dan ungu. Angpau Hugo Boss ini, seperti yang dilansir oleh Jing Daily, justru paling disukai oleh pengguna Sina Weibo.
Tak mau kalah dengan Hugo Boss, Fendi menawarkan angpau khusus dengan logo dua huruf F yang jungkir balik. Bentuk amplopnya pun hanya segi empat kecil sederhana. Sedangkan, warna angpao itu bukan warna emas dan merah, tapi putih dengan emboss perak.
Butik asal Inggris, Smythson—yang berakar kuat pada tradisi Britania, juga ikut-ikutan merayakan Imlek. Smythson meluncurkan amplop bernuansa merah dan emas dengan siluet kuda. Amplop cantik itu hanya bisa didapatkan sebagai hadiah cuma-cuma jika pelanggan berbelanja lebih dari 250 Euro (senilai Rp 4,5 juta) di gerai Smythson di London, Paris dan Hong Kong.
Munculnnya angpau berdesain khusus itu pun menandakan pergeseran perayaan Imlek. "Pada awal abad ini, Imlek di London ataupun New York hanya dirayakan di kawasan Pecinan. Kini, pada tahun 2014, Imlek sudah masuk dalam agenda internasional," tulis Guardian.
GUARDIAN | JIANG DAILY | SUBKHAN
This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.