Pages

Kamis, 26 September 2013

Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Compare Hotels

Find great prices for amazing hotels wherever your next destination may be. It's simple to search 100+ sites at once!
From our sponsors
Kafein Bikin Remaja Jadi Bodoh?
Sep 26th 2013, 01:53

Berita Terkait

TEMPO.COZurich – Para ilmuwan telah memperingatkan, minuman bersoda yang sarat kafein bisa menghalangi otak anak-anak dan remaja untuk berkembang dengan baik sehingga membuat si remaja menjadi bodoh. Peneliti dari Universitas Rumah Sakit Anak di Zurich percaya, kefein akan mencegah remaja untuk tidur nyenyak yang akhirnya akan mempengaruhi perkembangan otak selama remaja.

Dikutip dari laman Daily Mail, Rabu, 25 September 2013, saat kafein bisa mengganggu perkembangan otak maka akan terjadi masalah yang bisa menyebabkan skizofrenia, kecemasan, penggunaan narkoba, dan gangguan kepribadian.

Peneliti menggunakan tikus dalam percobaan ini. Tikus diberi kafein yang berasal dari minuman bersoda dan minuman berenergi. Hasilnya, tikus usia muda yang diberi minuman berkafein memiliki gangguan tidur yang mempengaruhi fungsi otak mereka.

Walau penelitian dilakukan pada tikus, peneliti justru yakin, risiko kafein justru akan semakin meningkat pada manusia usia remaja. Menurut mereka, ada kesamaan perkembangan otak, antara tikus dan manusia.

Profesor Reto Huber, salah satu tim penelitan, menjelaskan, konsumsi 300-400 miligram kafein per hari bisa memberikan perkembangan yang berbeda di otak remaja. Sajian ini setara dengan 4 kaleng minuman energi atau 3-4 cangkir kopi. Minuman energi populer Red Bull, misalnya, bisa mengandung sekitar 80 mg kafein.

Seorang juru bicara para peneliti mengatakan, "Dalam 30 tahun terakhir, konsumsi kafein rata-rata pada remaja meningkat hingga 70 persen."

Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal PloS ONE berharap, remaja bisa lebih bijaksana dalam memilih asupan yang akan mereka konsumsi. Pasalnya, usia remaja merupakan usia yang rentan dan dalam fase perkembangan.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Terhangat:
Guyuran Harta Labora | Mobil Murah | Tabrakan Maut

Berita Lainnya:
Ahok Tuding Ada Provokator Demo Lurah Susan
Gelaran APEC, Garuda Tutup 139 Penerbangan
Jadi Rebutan Klub, Kiper Ravi Pilih Timnas U-19
7 Penantang BBM di Berbagai Platform

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions