Pages

Rabu, 26 Maret 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Compare Hotels

Find great prices for amazing hotels wherever your next destination may be. It's simple to search 100+ sites at once!
From our sponsors
Sibuk tapi Ingin Bakar Lemak? Lakukan Latihan Ini Selama 3 Menit
Mar 26th 2014, 05:02

Birmingham, Inggris, Untuk menurunkan berat badan, pembakaran lemak merupakan salah satu proses yang tak bisa dilewatkan. Nah, jika alasan Anda tak berolahraga selama ini adalah karena sibuk, maka Anda perlu melakukan latihan singkat ini.

Dikutip dari Times of India, Rabu (26/3/2014), para ilmuwan mengatakan bahwa Anda tidak perlu latihan selama berjam-jam di gym untuk memangkas timbunan lemak. Tiga menit latihan per pekan sudah cukup membantu usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

Rahasianya adalah dengan melakukan latihan intens singkat atau yang sering disebut sebagai High Intensity Interval Training (HIIT). HIIT merupakan salah satu metode berlari yang saat ini mulai banyak digunakan, terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

HIIT secara teori bisa dilakukan dengan berlari dan berjalan bergantian. Latihan ini diyakini dapat meningkatkan metabolisme dan menjaga kalori tetap terbakar bahkan hingga beberapa saat setelah latihan selesai.

HIIT dilaporkan dapat memicu pelepasan hormon pembakar lemak. Hormon ini juga mampu membawa glukosa dari darah ke jaringan otot, di mana ia kemudian dibakar sebagai energi daripada dikonversi menjadi lemak.

Selain itu, aktivitas ini dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Hal ini tentu menguntungkan, mengingat bahwa latihan dengan waktu yang terlalu lama justru dapat membuat Anda ingin makan lebih banyak.

Tak selalu dilakukan sendiri, HIIT juga biasanya dilakukan berdampingan dengan latihan angkat beban. Jika dikombinasikan dengan tepat, latihan ini bisa membantu mengurangi perut buncit dan menjaga tubuh tetap langsing.

"HIIT benar-benar baik dilakukan untuk meningkatkan penyerapan glukosa ke otot-otot dalam waktu yang sangat singkat," ujar Prof James Timmons, pemimpin penelitian di Birmingham.

Namun yang perlu diingat, sebaiknya jangan lakukan latihan intensitas tinggi ini secara tiba-tiba tanpa persiapan. Sebelum melakukan HIIT, disarankan bagi Anda untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

(ajg/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
120414_olahragasibuk460ts.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions