Pages

Senin, 31 Maret 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Compare Hotels

Find great prices for amazing hotels wherever your next destination may be. It's simple to search 100+ sites at once!
From our sponsors
Kisah Sarah, Wanita yang Sembuh dari Gangguan Kecemasan Berkat Merajut
Mar 31st 2014, 05:05

Jakarta, Kematian mendadak sang kakak di tahun 2004 membuat Sarah Huerta tidak bisa keluar rumah akibat serangan panik yang dialaminya. Wanita ini juga tak bisa naik mobil karena di mobillah jasad sang kakak ditemukan. Tapi, lambat laun Sarah bisa meredakan kepanikannya dengan menyulam.

Ya, sang suami memberinya alat rajut dan benang pasca Sarah didiagnosa mengalami post-traumatic stress disorder dan kecemasan yang parah. Awalnya ragu, tapi lama kelamaan Sarah bisa berfokus pada kegiatan barunya.

"Merajut terlihat konyol tapi setelah aku serius melakukannya aku tak menyadari lagi kalau aku sudah tidak terlalu fokus pada masa depan dan membayangkan bencana yang akan terjadi pada orang yang kucintai seperti saat kakakku meninggal dunia," kisah Sarah seperti dikutip dari CNN, Senin (31/3/2014).

Setelah bertahun-tahun tenggelam dalam hobi barunya merajut, Sarah mengaku bisa menyelesaikan pola-pola yang rumit dan mulai bisa menjalani hidup normal kembali. Menanggapi hal ini, neuropsikolog klinis, Catherine Carey Levisay mengatakan kerajinan memang bisa membantu mereka yang mengalami gangguan kecemasan, depresi, sakit kronis, dan juga mengurangi stres.

Bahkan, baru-baru ini ahli saraf melihat bagaimana kegiatan kognitif seperti mengisi teka-teki silang sama kompleksya dengan kegiatan merajut. Dikatakan psikolog Mihaly Csikszentmihalyi, ketika serius mengerjakan sesuatu, seseorang bisa melupakan sejenak masalahnya dan merasa bahwa hidupnya lebih lengkap.

"Sistem saraf kita hanya mampu memproses sejumlah informasi pada satu waktu. Itu sebabnya mengapa kita sering tidak paham jika dua orang berbicara sekaligus pada kita. Jadi, ketika kita sibuk melakukan sebuah aktivitas, kita cenderung bisa mengabaikan hal-hal di sekitar kita," jelas Csikszentmihalyi.

Efek dari kegiatan ini sama dengan meditasi yang dikenal mampu melawan stres dan peradangan. Sebab, gerakan berulang seperti merajut bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang menenangkan saat seseorang melakukan respons fight or flight, demikian dikatakan terapis okupasi Victoris Schindler.

Oleh karena itu, Schlinder menyarankan orang-orang untuk melakukan kegiatan seperti menggambar atau melukis guna mengatur emosi dan mencegah pikiran irasional. "Sebab, pusat reward di otak akan melepaskan dopamin yang bisa meredam stres dan emosi saat kita melakukan sesuatu yang menyenangkan," kata Schindler.

(rdn/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
120647_sarahhuertadok.cnn.jpg (image/cnn.jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions