Pages

Rabu, 26 Maret 2014

Sindikasi lifestyle.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Lifestyle 
Want a Faster Site?

A Designer's Guide to Web Performance is a 50-page free guide covering the best practices, how-to steps & tools designers need to make lightning fast sites & apps!
From our sponsors
Bila Anak Diasuh Kerabat, Moms Perhatikan Ini
Mar 26th 2014, 07:53

Rabu, 26 Maret 2014 - 14:53 wib | Mom & Kiddie -

Anak diasuh nenek (Foto: Google)Anak diasuh nenek (Foto: Google)

BAGI masyarakat Indonesia, menitipkan atau menyerahkan pengasuhan anak kepada kerabat, seperti nenek-kakek, paman-bibi, atau saudara sepupu termasuk hal yang wajar. Kebanyakan menganggap kasih sayang yang diberikan kerabat kepada anak tidak akan jauh dari orangtua kandungnya karena masih memiliki hubungan darah.

 
Meskipun begitu, tetap saja ada beberapa hal yang harus moms and dads ketahui sebelum menyerahkan pengasuhan anak pada kerabat. Apa saja itu?
 
Pilihan Utama

Melihat situasi perekonomian masyarakat Indonesia yang semakin meningkat, maka tidak jarang kebanyakan pasangan saat ini memilih untuk sama-sama bekerja demi memenuhi kebutuhan rumah tangga. Karena kesibukan pekerjaan yang hampir menyita waktu dalam sehari hingga membuat lelah dan tidak dapat mengurus anak, seringkali orangtua rela mengeluarkan biaya lebih untuk menitipkan atau menyerahkan pengasuhan anaknya kepada orang lain. Namun karena beberapa faktor tertentu, sebagian besar masyarakat di Indonesia menyerahkan pengasuhan anak kepada kerabat mereka sendiri.
 
Menurut Adelina Syarif, S.E, M.Psi, hal tersebut termasuk wajar dan bahkan sudah menjadi pilihan yang utama. Biasanya mereka menitipkan anak pada kerabat selain karena pekerjaan yang menyita waktu, juga karena orangtua kandungnya telah bercerai atau meninggal dunia. Mereka mengganggap bila anak diasuh oleh kerabatnya, maka paling tidak kasih sayang yang anak dapatkan tidak jauh berbeda dengan orangtua kandungnya karena masih memiliki hubungan darah.
 
Pertimbangan Matang


Meski hubungan moms and dads dengan kerabat yang mengasuh si kecil terbilang cukup dekat, belum tentu juga pengasuhan yang terjadi berjalan dengan mulus. Sebelum menitipkan dan menyerahkan pengasuhan anak pada kerabat, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal:
 
-Apakah pola asuh dan penerapan disiplin sejalan dengan yang moms and dads terapkan sebelumnya. Jika iya, biasanya anak tidak akan terlalu bermasalah dengan lingkungan barunya tersebut.
 
-Jika ternyata pola pengasuhan yang diberikan kerabat Anda berbeda, maka perlu dibuat kesepakatan untuk menjalankan pola asuh yang sama sehingga anak tidak bingung.
 
-Berikan penjelasan pada anak alasan dia harus dititipkan kepada kerabat Anda. Hal ini perlu dilakukan agar anak tidak merasa dikucilkan dan kekurangan kasih sayang orangtua.
 
Jadi Solusi Terbaik


Kerabat adalah orang yang paling dekat dengan kita karena masih memiliki hubungan darah dalam keluarga. Menitipkan anak pada kerabat karena diharapkan mereka akan cukup adil dan sungguh-sungguh dalam merawat dan mengasuh buah hati kita.
 
Saat ini, banyak sekali kejadian penyiksaan terhadap anak yang dilakukan oleh pengasuhnya. Dan alasannya pun karena orangtua cenderung asal-asalan dalam mencari pengasuh tanpa mengetahui latar belakangnya. Karena tidak ingin mengalami hal itu, maka kerabat adalah solusi terbaik untuk menitipkan anak. Dengan kerabat sendiri, banyak orangtua merasa lebih tenang karena anaknya berada di lingkungan yang baik.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions