Rudi Hadisuwarno (Foto: Yosef Kowel/Okezone) MENGELOLA bisnis salon kecantikan, Rudy Hadisuwarno menyimpan banyak cerita. Salah satunya adalah cerita duka, saat karyawannya dibajak oleh salon lain.
"Pembajakan karyawan memang krusial, sudah dididik bagus terus ditawari gaji lebih tinggi dan mereka pindah. Ini menjadi tantangan saya, bagaimana mencegah karyawan bisa pindah ke salon kompetitor," kata Rudy saat bertandang ke redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (30/5/2014).
Menurut Rudy, dengan pindahnya karyawan ke salon lain otomatis pelanggannya pun mengikuti karyawan lama. Untuk itu, siasat Rudy adalah mencetak tenaga-tenaga kerja baru yang terlatih sehingga bisa mendatangkan pelanggan-pelanggan baru.
"Pembajakan karyawan, otomatis ada goncangan pada tim. Berbagai cara kita lakukan untuk mendatangkan pelanggan baru, seperti memberikan promosi dan diskon," ungkapnya.
Sementara, untuk mengatasi pembajakan karyawan, Rudy menerapkan dan memberikan imbalan yang baik serta perhatian kepada karyawannya. "Beri gaji yang cukup, beri jaminan kesehatan, dan bonus. Tapi, ada juga orang lama yang balik lagi ke saya karena memang sudah nyaman bekerja dengan saya," pungkasnya.
(ren)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.