Festival Jakarta Great Sale 2014 (Foto : Okezone) FESTIVAL Jakarta Great Sale (FJGS) 2014 digelar serentak di 75 pusat perbelanjaan di Jakarta dengan diskon hingga 70 persen. Di antara yang berpartisipasi adalah produk Usaha Kecil Menengah (UKM), dengan performa yang dinilai bagus.
Pemerintah Indonesia tengah gencar menggerakkan para pelaku sektor ekonomi kreatif, salah satunya UKM. Pada pesta belanja akbar Ibu Kota, FJGS 2014, UKM pun diajak bergabung untuk memamerkan produk unggulannya. Termasuk dari dekranasda (dewan kerajinan nasional daerah).
Produk UKM dan dekranasda yang hadir dalam FJGS 2014 disebar di 14 mal, di mana di setiap mal terdapat sekira 12 pedagang atau vendor. Produk-produk yang boleh mejeng tentu diseleksi terlebih dahulu.
Keterlibatan UKM pada FJGS bukan yang pertama, melainkan sudah dimulai tahun lalu. Hanya memang, tahun ini eksposnya lebih besar.
"Kami mengajak agar UKM berani melakukan test market, apakah produknya laku? Ini difasilitasi sehingga pada waktu berniat membuka toko, mereka selanjutnya akan percaya diri," kata Handaka Santosa, Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), usai penutupan FJGS di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Sabtu 19 Juli 2014..
Handaka mengaku belum mengetahui total pemasukan yang didapat UKM lewat gelaran FJGS 2014. Namun, Handaka memuji performa UKM, penjualan juga produk-produk yang ditawarkan.
"UKM bagus, saya kan keliling terus," imbuhnya.
Kehadiran produk UKM pada FJGS 2014 memang belum merata di 75 mal yang berpartisipasi. Handaka berharap jumlah partisipan UKM akan semakin banyak.
"Kali ini UKM tidak merata di seluruh mal. Mudah-mudahan tahun depan tambah banyak," pungkasnya. (ftr)