Pages

Kamis, 31 Juli 2014

Sindikasi lifestyle.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Lifestyle 
Web design for beginners/

In this course, we cover many aspects of creating content for the web, from concept to production.
From our sponsors
Berikan Kesempatan Kedua untuk Mantan Napi
Jul 31st 2014, 11:01

Kamis, 31 Juli 2014 - 18:01 wib | Raiza Andini - Okezone

Berikan Kesempatan Kedua untuk Mantan NapiDiharapkan keluarga mampu memberikan kesempatan kedua pada ex-napi (Foto : Googenoughmother) MALU, mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan keluarga narapidana. Psikolog Naomi Kirana mengimbau keluarga dan masyarakat memberi kesempatan kedua untuk para napi di momen Lebaran ini.
 
Pada Lebaran tahun ini, akan banyak napi dibebaskan setelah memperhitungkan potongan masa tahanannya alias remisi. Bagaimana keluarga para mantan napi sebaiknya bersikap?
 
Psikolog Naomi mengatakan, jangan terlalu memikirkan apa yang telah diperbuat oleh mantan napi tersebut. Cobalah untuk menerima mereka kembali dengan baik, sebagai keluarga yang harus dijaga.
 
"Keluarga harus bisa memberi kesempatan kedua bagi para mantan napi agar mereka merasa dihargai keberadaannya. Walaupun kita kesal, emosi dengan perbuatannya, cobalah untuk melihat jiwa mereka yang berbesar hati mau datang untuk memohon maaf," katanya kepada Okezone lewat telefon, belum lama ini.
 
Dengan diberi kesempatan kedua, Naomi mengatakan bahwa para mantan napi perlahan akan memerbaiki kesalahannya yang terdahulu. Untuk itu, dibutuhkan peran orangtua, keluarga besar, dan lingkungan untuk menerima keberadaan mereka dengan baik.
 
"Diharapkan tidak ada lagi prasangka buruk terhadap para mantan napi," imbuhnya.
 
Sebaliknya, ujar Naomi, para mantan napi juga harus tulus meminta maaf. Ada baiknya mereka tidak menyia-nyiakan momen berharga ini untuk menunjukkan niat baik berubah dan memiliki pribadi baru yang lebih baik.
 
"Jangan sia-siakan kesempatan ini. Orangtua, keluarga, atau lingkungan harus mampu menerima, jangan menutup mata. Tugas para mantan narapidana adalah membuktikan bahwa dia ingin meminta maaf dengan tulus dan tidak mengulangi perbuatannya kembali," tutupnya. 
(ren)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions