Pages

Rabu, 16 Juli 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Compare Hotels

Find great prices for amazing hotels wherever your next destination may be. It's simple to search 100+ sites at once!
From our sponsors
Awas, Jauhi Makanan Ini Agar Tak Ngantuk dan Mudah Lapar ketika Puasa
Jul 16th 2014, 09:46

Jakarta, Sebagian orang percaya, makan kangkung bikin mata cepat mengantuk. Jika anggapan itu benar, mungkin para dokter akan menganjurkan untuk tidak makan kangkung saat sahur. Kenyataannya, justru nasi yang bikin ngantuk.

"Kalau bisa, karbohidrat murni seperti nasi dan minuman manis dikurangi dan tidak dikonsumsi terlalu banyak, karena akan mengakibatkan ngantuk," kata dr Nany Leksokumoro, MS, SpGK, pakar gizi dari Omni Hospital seperti ditulis Rabu (16/7/2014).

Pendapat senada juga disampaikan oleh dr A.R. Inge Permadhi, MS, SpGK dari Siloam Hospital. Menurut dr Inge, karbohidrat mengandung gula yang membuat perut cepat lapar. Makin cepat lapar, makin besar pula risiko mata akan terasa mengantuk.

"Lapar itulah yang membuat kita lebih mengantuk, karena gula lebih mudah dibawa oleh sel dan lebih cepat masuk ke dalam insulin," jelas dr Inge.

Sementara itu, pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran dr Andreas Prasadja, RPSGT menekankan bahwa kurang istirahat lebih memicu rasa kantuk saat puasa. Makanan turut berpengaruh, tetapi kurang tidur jauh lebih mempengaruhi rasa kantuk.

"Sebenarnya tidak ada pantangan menu makanan yang dapat menahan kita dari ngantuk. Karena ngantuk tidak bisa dicegah tapi memang harus diobati dengan tidur," jelas dr Ade, demikian ia biasa disapa.

Soal makan kangkung, dr Ade mengaku kurang yakin hal itu menyebabkan rasa kantuk. Beberapa penelitian mengatakan demikian, namun dr Ade meyakini bahwa efeknya tidak seperti mengonsumsi obat tidur. Jadi kalau makan kangkung langsung mengantuk begitu saja, baginya itu cuma mitos.

(up/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
164134_ngantuktsluar.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions