Marshanda pakai hijab (Foto:Instagram) PERKEMBANGAN busana muslim di Indonesia memang begitu pesat. Tidak hanya untuk busana siap pakai, tetapi juga busana muslim.
Peluang inilah yang kemudian dibidik oleh artis kondang Zaskia Mecca, Risty Tagor, dan Marshanda untuk membangun bisnis fesyen. Hanya saja, mereka ini juga diingatkan oleh seniornya agar bisa survive di ranah mode.
Jenny Tjahyawati, salah satunya. Menurut dia, saat ini memang banyak desainer busana muslim yang bermunculan. Namun sayang, beberapa di antaranya sekadar mengikuti arus atau followers karena bisnis ini cukup menjanjikan.
"Mereka tidak bisa disebut desainer karena tidak mengenyam pendidikan fesyen, tapi pengusaha busana muslim. Mereka boleh meng-hire asisten desainer," ungkap Jenny kepada Okezone, Selasa (4/3/2014).
Namun, lanjutnya, begitu banyak desainer busana muslim yang bermunculan jadi lupa dengan kualitas. Dan banyak kasus, terdapat desain hasil jiplakan. Padahal penting buat seorang desainer untuk memiliki sebuah identitas desain.
"Intinya, mereka harus pengalaman dan mengenyam sekolah mode atau kursus. Jangan hanya musim busana ini, lalu ngikut. Desainer itu harus bisa menciptakan suatu karya dan tren, jangan hanya jadi followers," pungkasnya.
(ren)