Pages

Kamis, 20 Maret 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Compare Hotels

Find great prices for amazing hotels wherever your next destination may be. It's simple to search 100+ sites at once!
From our sponsors
RS Annisa Tangerang Lakukan Simulasi Sebelum JKN Bergulir
Mar 20th 2014, 10:04

RENDAHNYA tarif INA-CBG's merupakan kekhawatiran dari kebanyakan rumah sakit dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Namun, dampak yang mungkin dialami karena rendahnya tarif INA-CBG's sebenarnya bisa dikurangi bila sudah terlebih dahulu melakukan persiapan sebelum JKN bergulir.

 
Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Direktur RS Annisa Tangerang, dr. Ediansyah, MARS. Dia mengatakan bahwa sebelum JKN resmi dilaksanakan, jauh-jauh hari Rumah Sakit Annisa sudah melakukan persiapan, salah satunya memelajari konsep casemix dan simulasi.
 
"Pada Maret 2013, RS mengirim tim utk mengikuti pelatihan casemix selama 20 hari, sebanyak 10 modul dengan materi konsep casemix," jelasnya pada diskusi media bertema "Testimoni Faskes tehadap Pentarifan INA CBG's" di Kantor BPJS Pusat, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (20/3/2014).
 
Lebih lanjut, dr Ediansyah mengatakan bahwa terdapat perbedaan antara fee for service dengan INA CBG's. Dengan konsep INA CBG's, tarif merupakan hal yang tetap tidak seperti fee for service. Oleh karena itu, pada INA'CBG's efisiensi sangat penting agar tidak lebih dari tarif.
 
Kemudian pada tahun yang sama, RS Annisa juga melakukan simulasi dengan mengambil pasien Jamsostek dari Januari sampai Mei 2013, yaitu 1.208 pasien. Hasil simulasinya, menurut dr. Ediansyah, ternyata ada kenaikan 10,55 persen dalam hal pendapatan setelah menggunakan INA-CBG's.
 
"Ternyata, tarifnya lebih baik dibandingkan tarif Jamsostek. Inilah yang membawa aura positif dari Rumah Sakit Annisa karena ini memberikan hal yang baik bagi kami," tuturnya.
(tty)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions